Thursday, December 27, 2012

DURIAN KALIGADUNG BUMIAYU BREBES

Kaligadung- Satu lagi komoditi buah diindonesia yang menjanjikan yaitu buah durian kaligadung, buah ini tak kalah enak dengan buah durian motong yang berasal dari thailand. 
Buah yang berasal dari sebuah desa kecil yang jauh dari perhatian pemerintah daerah apalagi pemerintah pusat. Sungguh memilukan negeri ini yang tak memerhatikan potensi ini.
Potensi daerah brebes yang sangat disayangkan sekali yakni durian kaligadung, karena durian ini berasal dari desa kaligadung, kelurahan penggarutan, kecamatan bumiayu, Kabupaten Brebes.

Belakangan durian ini sulit ditemukan ,sehingga pedagang durian terpaksa mendatangkan durian dari luar daerah untuk memenuhi permintaan pasar.
Durian kaligadung memiliki ciri khas baik dari rasa maupun bentuknya, makanya banyak diburu masayarakat baik dari masyarakat sendiri maupun sekitar brebes.
Karena perubahan cuaca ,sebentar panas, sebentar hujan ,musin hujan terjadi di luar perhitungan dan berlangsung hingga sekarang ,dampaknya buah yang baru berbunga rontok,kalaupun ada buahnya membusuk sebelum panen.sehingga para petani durian banyak yang frustasi pohon durian banyak yang ditebang dan menjualnya sebagai kayu bakar.
Sayang sekali padahal hal ini berpotensi sebagai daerah agrowisata khusus buah durian. Mana perhatian pemerintah brebes tak ada tindakan nyata untuk warga kaligadung.
Share