Thursday, December 20, 2012

Mantan Penjaga SD Kalahkan Sarjana

BUMIAYU - Dengan memperoleh suara sebanyak 663 suara dari jumlah pemilih sebanyak 1.845 orang, akhirnya Sodik (55), mantan penjaga SD berhasil memenangkan Pemilihan Kepala Desa Penggarutan, Kecamatan Bumiayu, Brebes pada Senin (9/6/2008). Dia mengalahkan Edi Nuryanto Spd, mantan kades yang turut mencalonkan diri lagi.

Pelaksaan Pilkades Penggarutan yang mengambil tempat di halaman MI Al Iklas Desa Penggarutan diikuti empat orang calon kades. Mereka masing masing yakni Edi Nuryanto SPd(mantan kades Penggarutan)dengan nomer urut 1 (satu), Syaeful Muhajir nomer 2 (dua), Evi Ulfiani nomer 3 (tiga), dan Sodik dengan nomer urut 4 (empat).

Warsito RS, Ketua panitia Pilkades Desa Penggarutan Bumiayu, menjelaskan jumlah hak pilih untuk Desa Penggarutan sebanyak 3128 pemilih. Namun pemilih yang datang menggunakan hak pilihnya hanya sebanyak 1845 orang.

Menurutnya hal itu disebabkan karena para warga di banyak yang merantau keluar kota, sehingga tidak bisa mengikuti jalannya pesta demokrasi di desanya sendiri. Selain itu juga dimungkinkan waktu pelaksanaan yang berlangsung bukan para hari libur, sehingga warga enggan menuju ke tempat pemungutan suara.

Dia mengemukakan untuk pelaksanaan pilkades yang diikuti empat calon menelan anggaran sebesar Rp32,5 juta. "Dana sebesar Rp24 juta berasal dari calon kepala desa, sedangkan dana dari bantuan pemerintah sebanyak Rp8,5 juta," ujar Warsito sewaktu ditemui di sela sela pencoblosan.

Jalannya pesta demokrasi di Desa Penggarutan berlangsung aman dan terbit dengan penjagaan ketat dari pasukan Brimob PolresBrebes dibantu puluhan anggota TNI dan Satpol PP.

Acara perhitungan suara usai pada pukul 15.15 WIB dengan mengasilkan pemimpin baru Sodik yang memperoleh suara sebanyak 663, di urutan kedua Syaeful Muhajir dengan 456 suara, Evi Ulfiani di urutan ketiga mendapat 358, dan disusul Edy Nuryanto Spd mantan kades memperoleh 346 suara.

Tampak hadir mengikuti jalannya pelaksaan Pilkades Camat Bumiayu beserta Muspika setempat.

Berita ini kiriman dari:

Nama: Purwanto
Alamat: Jalan Raya Paguyangan Nomor 59, Paguyangan, Brebes
Telp: 08172821182


Sumber : http://www.news.okezone.com  Share